Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

AMERICAN BLACK NIGHTSHADE? SI PAHIT SEJUTA MANFAAT!

AMERICAN BLACK NIGHTSHADE? SI PAHIT SEJUTA MANFAAT!

Kamis, 14 September 2023

Leunca adalah salah satu jenis sayuran khas Sunda. Sayuran yang berbentuk bulat kecil dan memiliki warna hijau mengilap ini biasanya disantap atau dinikmati dengan sambal dan pendamping lauk untuk lalapan. Leunca mentah sering disajikan sebagai lalapan karena rasanya tidak begitu pahit apabila dibandingkan dengan sayur pahit lainnya seperti pare. Masyarakat Sunda sendiri biasnya menikmati Leunca dengan ikan asin goreng, ayam goreng, atau ikan goreng lalu dicocol dengan sambal. Leunca sendiri dapat ditemukan pada sajian khas Sunda seperti ulekutek leuncavoncom, sambal leunca, tumis leunca teri, sayur bening leunca daun kelor, dan lain-lain.

Leunca (Solanum americanum Miller, sinonim Solanum nigrum L.) adalah salah satu sayuran indigenous yang berasal dari Amerika Selatan. Di Indonesia, leunca (bahasa Sunda daro Solanum a. Miller) menyebar di Pulau Jawa dan Sumatera yang tersebar di lahan kering, baik di kebun atau di pekarangan rumah. Leunca sendiri merupakan tanaman yang dapat tumbuh di tanah yang kering, sehingga mudah untuk didapatkan. Selain dijadikan sebagai sayur, leunca juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional, dimana leunca mampu memberikan efek menenangkan peradangan atau inflamasi, TBC, dan diuretik. Selain itu leunca juga dapat digunakan untuk mengobati demam, diare, penyakit mata, penyakit jantung, ambeien, dan lain-lain.

Masyarakat kampung Cigarukgak hampir sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Tidak hanya menanam padi, namun mereka juga menanam berapa sayuran salah satunya yaitu Leunca. Leunca yang dapat tumbuh di tanah yang kering tentu saja menarik perhatian para petani untuk menanamnya. Pada kamis, 14 September 2023 kami menemui salah satu peatni yang sedang panen leunca, mereka menjelaskan bahwa launca merupakan tanaman yang gamapng tumbuh dan jarak untuk panen pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler